Jumat, 18 Juni 2010

Adakah Manfaat Olahraga Nge-gym di Malam Hari?


Bagi kebanyakan orang, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Sayangnya, tidak semua orang bisa berolahraga pada saat pagi hari. Tidak mengherankan, beberapa orang memiliki kesulitan pada tubuh mereka untuk bergerak di pagi hari, sementara beberapa orang memilih berolahraga di waktu yang kosong selain hari kerja atau hari keluarga.Apa manfaat dan kekurangan dari berolahraga di malam hari? Bila Anda berolahraga pada malam hari, biasanya otot anda lebih luwes daripada berolahraga saat pagi hari.

Lebih sulit untuk mengangkat beban atau melakukan push-up begitu cepat pada pagi hari. Olahraga pada saat malam hari memberikan anda keuntungan karena otot anda tidak kaku dan badan anda sudah hangat.

Apakah Anda selalu terburu-buru di pagi hari? Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan latihan terfokus di kemudian hari. Sulit berkonsentrasi untuk berolahraga pada pagi hari ketika anda melihat jam karena anda harus bekerja tepat waktu.

Salah satu masalah terbesar dengan berolahraga di malam hari adalah dapat membuat anda sulit untuk tidur. Kadar hormon stres seperti kortisol dan norepinephrine meningkat selama anda berolahraga saat malam hari, tetapi menurun beberapa jam kemudian. Jika anda berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, mungkin saja anda akan memiliki masalah tidur karena tingkat kortisol anda masih tinggi. Untuk menghindari hal ini, berolahragalah tiga jam sebelum waktu tidur, jika memungkinkan.

Beberapa orang berpendapat bahwa berolahraga pada malam hari membakar lebih sedikit lemak daripada berolahraga pada pagi hari dengan perut kosong. Beberapa studi mendukung hal ini, tetapi hal ini tidak akan merusak program latihan sanda. Berolahraga pada malam hari lebih baik daripada tidak berolahraga sama sekali.

source: http://factsandhealth.blogspot.com/2010/06/apakah-ada-manfaatnya-berolahragangegym.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post