Sabtu, 19 Juni 2010

Bocah Ajaib atau Media yang Ajaib

Bukan Media massa namanya kalau tidak senang membuat sensasi. Setelah beberapa waktu lalu media memberitakan ada anak yang menggunakan batu meteor bisa menyembukan penyakit (di daerah Jombang), kini muncul lagi di Bogor.berita selengkapnya disini atau di sini


Klik untuk memperbesar

Sudah berapa kali muncul fenomen histeria massa gara-gara berita seperti ini yang ujung-ujungnya makin membuat sakit bangsa ini makin parah. Sakit yang saya maksud, tidak bisa disembuhkan sejuta anak ajaib dari Bogor maupun Jombang (atau darimana lagi yang lainnya), karena ini adalah penyakit sosial, penyakit kultur. Gejalanya adalah, semua mau instant, semua mau cepat, dan semua mau sukses tanpa repot-repot usaha.

Bayangkan kalau di negeri ini ada seratus saja anak yang punya kemampuan seperti itu (dan betul), maka tutup sudah semua RS dan Kementerian Kesehatan RI. Indonesia akan menjadi tempat tujuan para penceari kesembuhan di seluruh jagad, lalu semua RS dan Fakultas kedokteran yang sudah dibangun ribuan tahun lamanya dinyatakan tidak ada gunanya. Semua gara-gara batu meteor dan anak ajaib.

Kalau bangsa ini selalu dicekoki dengan sensasi macam ini (dan dimotori oleh media yang konon paling rasional dan bertanggungjawab) maka sudah bisa dibayangkan betapa makin parahnya sakit bangsa ini. Saya tidak bisa dan tidak boleh melarang orang yang percaya terhadap fenomena ini, tetapi ya mbok mohon dihentikan sensasi-sensasi begini, khususnya oleh media massa. Peran anda adalah mendidik bangsa, bukan malah membuat bangsa ini makin menjadi irasional dan sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post