Jumat, 18 Juni 2010

Ditemukan Ikan Haring Raksasa di Swedia




Seekor ikan Haring raksasa ditemukan di pantai Swedia, pertama kali terlihat setelah lebih dari 130 tahun. Ikan itu akan dipamerkan di pameran monster laut pada akhir tahun 2010.

Regalecus glesne merupakan nama latin dari ikan haring raksasa tersebut ditemukan dalam keadaaan mati di perkampungan nelatan di Bovallstrand, pantai barat Swedia, sekitar 56 mil dari perbatasan Norwegia.

Spesimen yang berhasil ditemukan tersebut memiliki panjang 11,4 kaki (3,4 meter). Berdasarkan penemuan sebelumnya, ikan tersebut bisa mencapai hingga 40 kaki dengan berat sekitar 600 pon pada masanya.

“Di bawah air, ada sesuatu yang besar mengambang. Pada awalnya kami mengira hal tersebut merupakan plastik. Tetapi ketika diperhatikan dan dicek bahwa penampakkan tersebut merupakan ikan yang aneh,” ujar Kurt Ove Erikkson, pria yang menemukan spesimen tersebut.

Dilaporkan bahwa ikan tersebut kemudian dibawa ke museum House of the Sea di Lysekil Swedia, yang menyatakan bahwa ikan haring raksasa semacam itu belum pernah terlihat lagi sejak tahun 1879.

“Kami tidak mengetahui secara pasti tentang spesies tersebut,” salah seorang petugas museum. “Tetapi dipercaya bahwa hewan tersebut hidup di laut lepas dengan kedalaman 3280 kaki di bawah permukaan laut dan banyak yang mempercayai bahwa hewan tersebut merupakan asal mula mitos ular laut layaknya kisah mitos monster Loch Ness.”

Ikan raksasa yang telah mati dan dibekukan di museum itu memiliki cacat berupa potongan dalam tubuhnya dan kehilangan ciri khas sirip indahnya. Museum menyatakan bahwa ikan tersebut akan dipamerkan di pameran monster laut yang direncanakan diselenggarakan akhir tahun 2010 ini.


sumber : inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post