Selasa, 19 Januari 2010

Mesjid Pertama Yang Di Rancang Oleh Perempuan

Mungkin kabar bahwa wanita mendesain masjid jarang atau belum pernah terdengar, sampai kemudian muncul berita mengejutkan ini. Masjid Sakirin yang Mei lalu dibuka di Istanbul, Turki, ternyata didesain oleh wanita. Bahkan sejumlah wanita juga ikut terlibat dalam konstruksi bangunan.

Spoiler for wanita:
[IMG][/IMG]


Spoiler for wanita:
[IMG][/IMG]


Adalah Zeynep Fadilioglu yang mendapat kesempatan membangun masjid Sakirin setelah menang di komisi redesign bangunan keagamaan di Istanbul tahun lalu. Lalu, Zeynep pun melibatkan sejumlah wanita untuk menolongnya dari segi konstruksi. Pembangunan masjid ini dimulai tahun lalu,dan pekan lalu telah selesai. Mendapat sentuhan wanita, tampilan masjid ini sungguh indah, menggabungkan teknik modern dan bahan ke dalam apa yang mungkin menjadi bahasa pasar bentuk dunia yang paling konservatif.

Fadillioglu, sebelumnya bekerja untuk desain interior rumah orang-orang kaya dan hotel-hotel megah, dan ini adalah kesempatan pertamanya untuk terjun ke bidang desain interior pembangunan rumah ibadah. Perannya sebagai desainer adalah sebuah terobosan bagi perempuan.

"Saya berpikir apa yang menarik adalah bahwa saya seorang wanita. Terutama pada saat begitu banyak yang sedang dibahas seperti: Islam tidak mengizinkan wanita memiliki hak yang sama, bahwa seorang wanita dapat membangun masjid," katanya.

Ia mengatakan, menangis ketika pertama kali mendapat tawaran mengerjakan proyek pembangunan masjid itu. Itu merupakan kesempatan yang luar biasa dalam hidupnya.

Spoiler for masjid:
[IMG][/IMG]


Masjid ini pada awalnya dibuat oleh sebuah keluarga Saudi Turki sebagai peringatan kepada orangtua mereka, yang kemudian diredesain oleh Zeynep Fadilioglu. Kini Sakirin menjadi salah satu masjid paling radikal dalam generasi desain. Sangat kontras dengan masjid khas Turki modern yang selalu hanya salinan desain tradisional.

Spoiler for masjid:
[IMG][/IMG]


Kubah yang terbuat dari komposit alumunium - seperti seperti sebuah kain tersampir di gelas minum. Sebuah bola baja stainless dipoles mendominasi halaman. Di dalam, kaca lampu kristal modern, terbuat dari ratusan pecahan kaca, adalah elemen utama masjid. Menurut Zeynep Fadillioglu, masjid tersebut merupakan menggabungkan desain yang lama dengan yang baru.

Quote:
Turki dikenal sebagai salah satu negara Islam sekuler, di mana dalam konstiusinya hak-hak perempuan sama dengan para laki-laki. Dalam kasus ini, seperti yang terjadi pada masjid-masjid di seluruh dunia di mana tempat ibadah pria-wanita terpisah. Umumnya, laki-laki di ruang utama, sedang perempuan di ruang lain yang lebih kecil. Namun di Masjid Sakirin sedikit berbeda. Pemisahan tempat ibadah tetap dilakukan, namun ruang ibadah untuk laki-laki maupun perempuan sama besar dan sama istimewanya. Perlakuan yang sama ini mungkin untuk menunjukkan kesetaraan jender. Tapi lebih dari itu ini merupakan langkah kecil dan penting bagi masa depan perempuan di dunia Islam.
Spoiler for masjid:
[IMG][/IMG]


Spoiler for masjid:
[IMG][/IMG]


Spoiler for masjid:
[IMG][/IMG]


Spoiler for masjid:
[IMG][/IMG]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post