Jumat, 18 Juni 2010

7 Tips Ampuh Agar Komputer Anda Terhindar Dari Virus


Jika PC kita terserang virus, trojan, spyware dan sejenisnya pasti akan mengalami penurunan kinerja walau bagaimanapun tingginya spesifikasi hardware yang dimilikinya bahkan harus install ulang. Dengan adanya virus di komputer, berarti komputer tersebut berpotensi menyebarkan virus yang ada di dalamnya ke komputer lain yang tidak terinveksi sekaligus membahayakan data-data yang ada di dalamnya. Kebanyakan sumber virus berasal dari internet dan media penyimpanan eksternal, nah berikut ini ada cara
menanggulangi supaya tak terkena Virus.

beberapa tips agar komputer anda terhindar dari Virus :

1. Pastikan firewall selalu dalam posisi “on”. Firewall merupakan software yang dapat menangkal akses ilegal ke komputer, baik yang bermaksud menghapus informasi, merusak komputer, maupun mencuri data pribadi. Jika Anda menggunakan lebih dari satu komputer yang saling terhubung, pastikan firewall di masing-masing komputer aktif. Ini untuk mencegah virus menyebar ke semua komputer apabila salah satu komputer terinfeksi.

2. Gunakan software dan sistem operasi yang up-to-date. Update terbaru, apalagi yang sifatnya high priority sangat penting untuk keamanan komputer. Update software biasanya berisi perlindungan terkini, serta perbaikan pada bug dan celah keamanan yang ada di versi sebelumnya.

3. Selalu update software antivirus. Teknologi antivirus terbaru lebih mampu menangkal virus dan spyware yang menyerang komputer, dibanding antivirus dengan teknologi lama.

4. Faktor brainware (manusia) juga berperan penting. Selalu waspada dan hati-hati, seperti tidak sembarang membuka attachment di e-mail atau link yang tidak diketahui secara pasti apa isinya. Attachment atau link tersebut bisa saja berisi virus atau program jahat lainnya. Jangan sembarang men-download, kecuali dari situs yang terpercaya, dan baca semua peringatan keamanan, persetujuan lisensi dan privasi terkait software manapun yang Anda download.

5. Hati-hati dalam mengunjungi situs tertentu. Terkadang beberapa situs dapat menjadi sumber penyebaran virus, malware dan lain-lain. Biasanya situs2 tersebut adalah situs yang berhubungan dengan virus, hacking dan sebagainya.

6. Mewaspadai media penyimpanan eksternal. Media penyimpanan ekseternal seperti flashdisk, SD Card, harddisk portable dan lain-lain bisa menjadi perantara penyebaran virus oleh sebab itu pastikan anda menscan media eksternal tersebut agar aman dari virus.

7. Gunakan software2 yang legal/asli. Biasanya program bajakan mengandung crack / patch yang akan menyebabkan sistem komputer menjadi tidak stabil karena sifat dari crack tersebut adalah destruktif yaitu menghancurkan pertahanan dari software yang dibajak agar dapat digunakan secara full version dan ini bisa dianggap sebuah eksploit di Windows 7 sehingga dapat membahayakan sistem.

by: http://www.adipedia.com/7-tips-ampuh-melindungi-komputer-anda-dari-virus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post