Sabtu, 19 Juni 2010

Ghana vs Australia 1 - 1

Ghana mampu bangkit untuk menyamakan skor sementara menjadi 1-1 saat melawan Australia dalam lanjutan penyisihan Grup D Piala Dunia 2010 di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, Sabtu (19/6/10).
Asamoah Gyan mencetak gol penyama pada menit ke-24, setelah sukses mengeksekusi penalti.
Sebelumnya, Australia unggul lebih dulu lewat Brett Holman, yang me-rebound bola tendangan bebas Mark Bresciano pada menit ke-10. Tetapi, petaka menimpa Australia ketika Harry Kewell, yang berdiri di dalam kotak penalti, menahan bola dengan tangannya untuk membendung tendangan keras Jonathan Mensah. Wasit pun langsung memberikan kartu merah kepada Kewell, sekaligus hukuman tendangan penalti bagi Ghana.
Hasil di babak pertama ini membuat posisi Australia sangat kritis, dan Ghana semakin membuka lebar peluangnya untuk meraih tiket babak 16 besar.
Untuk sementara, Jerman masih memimpin klasemen sementaraa Grup D dengan raihan tiga poin berkat kemenangan 4-0 atas Australia di laga perdana. Sementara itu, Ghana berada di urutan dua dengan poin yang sama, tetapi kalah selisih gol karena di laga pembuka "The Black Stars" hanya menang 1-0 atas Serbia.
Nah, dengan skor sementara ini, apabila Ghana mampu mempertahankannya (bahkan mungkin menang), maka mereka memiliki peluang yang sangat besar untuk lolos karena langsung menjadi pemimpin klasemen. Dengan demikian, para "Bintang Hitam" hanya perlu bermain minimal imbang melawan Jerman pada laga pamungkas 24 Juni mendatang.Ya, Ghana diuntungkan dengan kekalahan yang diderita Jerman saat lawan Serbia kemarin. Di luar dugaan, "Der Panzer" menyerah 0-1 dari Serbia, yang pada laga perdana dikalahkan Ghana dengan skor serupa.
Sejak wasit asal Italia, Roberto Cosetti, meniup peluit kick-off, Australia langsung memeragakan permainan ofensif. Tuntutan memenangkan pertandingan ini agar membuka lagi pintu harapannya menuju putaran kedua, membuat "The Socceroos" tampil menekan sejak awal.
Usaha tim besutan Pim Verbeek ini membuahkan hasil pada menit ke-10. Carl Valeri yang berusaha melakukan penetrasi dijegal di luar kotak penalti sehingga wasit memberikan hukuman tendangan bebas. Bresciano yang menjadi eksekutor melepaskan tendangan keras ke mulut gawang, dan kiper Richard Kingson tak sempurna menghalaunya. Bola rebound jatuh tidak jauh dari Holman yang berdiri bebas, sehingga striker bernomor punggung 14 ini dengan mudah melesakkan bola ke pojok kiri atas.
Tertinggal, Ghana mulai berani keluar untuk menyerang. "The Black Stars" mampu menciptakan sejumlah peluang, yang membuat barisan belakang Australia kelabakan.Menit ke-24, Ghana mendapatkan kesempatan emas itu, melalui tendangan pojok. Bola dikirim ke mulut gawang, sehingga terjadi sedikit kemelut. Si kulit bundar jatuh ke kaki Jonathan Mensah, yang melepaskan tendangan keras ke pojok kanan. Kiper Mark Schwarzer tak bereaksi, tetapi Kewell yang berdiri di tiang justru menahannya dengan tangan sehingga tidak terjadi gol.Wasit yang melihat kejadian itu tidak memberi ampun. Kartu merah langsung dicabut dari saku untuk diberikan kepada Kewell, plus hukuman tendangan penalti. Gyan yang menjadi algoju, dengan sempurna menjalankan tugasnya. Sepakannya ke arah kiri bawah gawang tidak bisa diantisipasi Schwarzer, yang malah bergerak ke kanan. Skor 1-1 dan Australia bermain dengan 10 orang.
Unggul jumlah pemain, Ghana mulai mendominasi permainan. Tim besutan Milovan Rajevac ini terus mengurung pertahanan Australia, sehingga memaksa "tim Kanguru" lebih berkonsentrasi untuk menjaga gawang dari kebobolan lagi. Sampai turun minum, skor tetap 1-1.

- Susunan pemain
Ghana: 1-Richard Kingson; 19-Lee Addy, 8-Johanthan Mensah, 2-Hans Sarpei, 4-John Pantsil; 23-Kevin-Prince Boateng, 6-Anthony Annan, 3-Asamoah Gyan; 21-Kwadwo Asamoah, 13-Andre Ayew, 12-Prince Tagoe.

Australia: 1-Mark Schwarzer; 3-Craig Moore, 2-Lucas Neill, 21-David Carney, 8-Luke Wilkshire; 23-Mark Bresciano, 16-Carl Valeri, 14-Brett Holman, 5-Jason Culina, 7-Brett Emerton; 10-Harry Kewell
http://feeds2.feedburner.com/blogspot/Uyxg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post