Jumat, 18 Juni 2010

Kode Rahasia Nokia S60

Salah satu kelebihan Ponsel yang menggunakan sistem operasi Symbian adalah dimana penggunanya dapat memaksimalkan kinerja dari ponsel itu sendiri. karena pada ponsel dengan sistem operasi ini sangat terbuka untuk menambahkan aplikasi atau games tambahan. Disisi lain, sebenarnya ada banyak kode-kode rahasia yang tidak diinformasikan secara terbuka oleh para pengembang symbian tersebut yang dapat dipergunakan sebagai shortcut untuk memberikan informasi tambahan seputar ponsel tersebut sampai dengan untuk melakukan reset ulang sistem operasinya.
Kode rahasia ini tidak diinformasikan secara terbuka mungkin juga karena resiko yang mungkin terjadi dengan penggunaan kode tersebut. Berikut adalah kode rahasia dari ponsel Nokia S60 dengan sistem operasi Symbian:
  • *#0000# : Menampilkan versi software, tanggal software tersebut dipasang di ponsel. Untuk beberapa kasus, model ponsel yang muncul di sini adalah bukan nama model yang dipasarkan, tetapi nama kode yang dibuat oleh pihak Nokia sendiri, sebagai contoh adalah RM-36 yang sama dengan Nokia 6680.
  • *#06# : Menampilkan (International Mobile Equipment Identify) ponsel.
  • *#2820# (*#BTA0#) : Menunjukkan alamat bluetooth dari ponsel.
  • *#62209526# (*#MAC0WLAN) : Menunjukkan MAC address dari WIFI ponsel, kode ini hanya bisa digunakan pada saat ponsel berada dalam area HotSpot.
  • *#7370# (*#RES0#) : Melakukan hard reset pada ponsel, yaitu mengembalikan seting ponsel ke standar awal. Untuk melakukan reset ini diperlukan security code (security code pertama adalah 12345). Sebelum melakukan reset pada ponsel sebaiknya semua data di ponsel dibackup, karena semua data yang ada dalam memory internal ponsel akan hilang.
Adapun ara lain untuk melakukan hard reset adalah dengan matikan ponsel dan menyalakan kembali ponsel (dengan menekan tombol power sambil menekan tombol OK (Yes, tombol hijau), tombol *, dan tombol angka 3 secara bersama-sama. Tekan tombol dan tahan untuk beberapa saat, hingga muncul perintah format. Fungsi ini dilakukan biasanya pada saat ponsel tidak bisa reboot.
  • *#7780# (*#rst0*) : Perintah untuk melakukan soft reset, artinya berbeda dengan perintah *#7370# karena untuk soft reset hanya akan mengubah seting profil, themes, dan shortcut seperti standar awal, sedangkan untuk data kontak, agenda, dan catatan tidak terpengaruh.
  • *#92702689# (*#war0anty#) : Menunjukkan informasi penggunaan ponsel, seperti misalnya menunjukkan total waktu bicara. Data ini tidak bisa direset secara manual, satu-satunya jalan untuk mereset data adalah dengan melakukan flash ulang terhadap ponsel.
Sebetulnya saya sendiri belum mempraktekan secara keseluruhan dari kode-kode tersebut diatas, sekedar mencatatkan saja, semoga saja bermanfaat dan anda lebih bisa menggunakannya secara maksimal. Terimakasih. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post