Sabtu, 19 Juni 2010

Organ hati Manusia Bisa Tumbuh Kembali

Liver adalah organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup. Organ ini merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh dan terletak di bagian kanan atas perut, tepatnya di bawah diafragma. Liver memiliki lebih dari 500 fungsi, termasuk menetralkan tubuh setelah minum terlalu banyak minuman beralkohol, mengontrol penggumpalan darah, dan menghasilkan empedu yang digunakan tubuh untuk menguraikan lemak yang telah dikonsumsi. Berdasarkan fungsinya, hati juga termasuk sebagai alat ekskresi.

Liver terdiri atas dua bagian, lobus kiri dan lobus kanan. Lobus kanan lebih besar atau total 65% dari total volume liver. Untuk resipient dewasa, dokter akan mengambil lobus kanan. Tetapi kalau ukuran tubuh resipient lebih kecil (bukan lebih kurus) daripada donor, maka yang digunakan adalah lobus kiri yang lebih kecil sebab jika yang ditransplan lobus kanan, ketika tumbuh dan bentuknya berkembang menjadi sempurna bisa berdesakan didalam perut seperti lemari kebanyakan isi.







Liver adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang bisa memperbaharui diri sendiri. Oleh karena itu, jika diangkat sebagian, liver bisa tumbuh lagi keukuran aslinya. Liver terdiri atas sel-sel kecil yang disebut hepatosit, yang memproduksi sel-sel baru dengan membaginya jadi dua dan mampu bereproduksi dengan kecepatan tinggi. Jika seorang pasien menjalani operasi pengangkatan separuh livernya (misalnya, karena tumor ), liver akan tumbuh kembali ke ukuran normal hanya dalam dua minggu.





"Mari belajar dan berbagi wawasan"


Budayakan comment yang mendidik dan berkualitas!!

Jangan lupa


Yang mau kasi I REALLY RESPECT IT!!



Spoiler for Mampir kesini juga gan:


Quote:
UPDATE FOR RESPONSE :

* Perlu agan2 ketahui: kuku , kulit dan rambut itu adalah anggota tubuh / bagian tubuh paling luar, bukan organ tubuh (dalam arti organ tubuh 'vital')!! Tulang termasuk organ tubuh dan transplantasi tulang memang ada, yaitu suatu prosedur penambahan tulang (donor) ke tulang pasien yang masih tersisa (penerima), tapi ingat 'tulang tidak bisa tumbuh sendiri jika sudah putus'!

* Penjelasan thread ini hanya berlaku untuk kasus tertentu (dalam arti hanya untuk liver/hati manusia, bukan untuk hewan!) Tapi setau ane, ada kasus transplantasi antara hati manusia dengan hati hewan. (Pernah ada kasus transplantasi hati manusia pake hati monyet).

* Beberapa penyakit hati yang umum terjadi dan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi nya :

● Hepatitis
Hepatitis adalah peradangan pada sel-sel hati. Virus merupakan penyebab hepatitis yang paling sering,terutama virus hepatitis A,B,C,D dan E. Pada umumnya penderita hepatitis A & E dapat sembuh, sebaliknya B & C dapat menjadi kronis.

Pemeriksaan untuk hepatitis Akut :
- Enzim GOT, GPT
- Penanda hepatitis A (Anti Hav IgM)
- Penanda hepatitis B (HGsAg, Anti HBC IgM)
- Penanda hepatitis C (Anti HCV, HCV RNA)
- Penanda hepatitis E (Anti HEV IgM)

Pemeriksaan untuk hepatitis kronis :
- Enzim GOT,GPT
- Penanda hepatitis B (HBsAg,HBe, Anti HBc, Anti HBe, HBV DNA)
- Penanda hepatis C (Anti HCV,HCV RNA)

Penanda imunitas :
- Anti HAV
- Anti HBs

● Sirosis Hati
Sirosis hati adalah penyakit yang sudah lanjut dimana fungsi hati sudah sangat terganggu akibat banyaknya jaringan ikat di dalam hati. Sirosis hati dapat terjadi karena virus Hepatitis B dan C yang berkelanjutan, karena alkohol, salah gizi, atau karena penyakit lain yang menyebabkan sumbatan saluran empedu. Sirosis tidak dapat disembuhkan, pengobatan dilakukan untuk mengobati komplikasi yang terjadi (seperti muntah dan berak darah, aistes/perut membesar, mata kuning serta koma hepatikum).
Pemeriksaan unuk mendeteksi sirosis hati : Enzim GOT GPT (rasio GOT/GPT >1), waktu Protrombin, Protein Elektroforesis.

● Kanker Hati
Kanker hati tejadi apabila sel kanker berkembang pada jaringan hati. Kanker hati yang banyak terjadi adalah Hepatocellular carcinoma (HCC). HCC merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitiskronis.
Pemeriksaan untuk mendeteksi kanker hati : AFP, PIVKA II.

● Perlemakan Hati
Perlemakan hati terjadi bila penimbunan lemak melebihi 5% dari berat hati atau mengenai lebih dari separuh jaringan sel hati. Kelainan ini dapat timbul karena mengkonsumsi berlebih disebut ASH (Alcoholic Steatohepatitis), maupun bukan karena Steatohepatitis).
Pemeriksaan pada perlemakan hati : Enzim GOT, GPT, Fosfatase Alkali.

● Kolestasis dan Jaundice
Kolestasis merupakan keadaan akibat kegagalan produksi dan/atau pengeluaran empedu. Pemeriksaan unuk kolestasisi dan jaundice: Fosfatase Alkali, Gamma GT, Bilirubin Total, Bilirubin Direk.

● Hemochromatosis
Hemochromatosis merupakan kelainan metabolisme besi yang ditandai dengan adanya pengendapan besi secara berlebihan di dalam jaringan. Penyakit ini bersifat genetik/keturunan.
Pemeriksaan laboratorium untuk hemochromatosis : Transferin, Ferritin.

* THANKS FOR ALL, THREAD INI SUDAH JADI HT,,,THANKS AGAN2!

Spoiler for Sebagai tambahan / referensi dari pertanyaan agan-agan yang sudah ane jawab ::


Quote:
Originally Posted by milaaza View Post
berarti regenerasi liver hebat yah kenapa gak di teliti buat jadi regenerasi kulit manusia
Klo pertanyaan agan ini, ane blum dapet referensi nya gan, apakah regenerasi liver bisa diteliti buat jadi regenerasi kulit!
Tapi yang ane tau, regenerasi kulit umumnya dilakukan dengan Miracle Laser Peel Treatment atau bisa juga dengan Resurfacing.


REgards,
TS.


Quote:
Originally Posted by tempIate View Post
masa sih gan? kalau begitu kenapa ada transpalansi liver (hati) gan?
Transpalansi liver ane kurang tau gan! Mungkin yang ente maksud adalah transplantasi liver/ transplantasi orthotopic, di mana hati asli akan dihapus dan diganti dengan organ donor di lokasi anatomi sama dengan hati asli! Transplantasi hati / liver hanya berpotensi diterapkan pada setiap kondisi akut atau kronis yang mengakibatkan disfungsi hati ireversibel gan! Sma halnya seperti transplantasi ginjal!
Memang persoalannya tuh, untuk transplantasi, dibutuhkan donor dan biaya yang tidak sedikit loh. Dan kebutuhan biaya itu tidak berkurang setelah pasien ditransplan. Karena, seperti pada pasien post-transplant lainnya, seseorang tuh harus minum obat antirejeksi (penolakan) dan imunosupresan (penekan imunitas agar tubuh tidak menolak liver baru).


REgards,
TS.



Quote:
Originally Posted by vsz85 View Post
kalo hati rusak akibat hepatitis bisa regenerasi lagi ga gan??
Bisa gan!
Dengan cara memperlancar proses metabolisme! Dengan lancarnya metabolisme, maka akan sangat membantu hati meregenerasi sel-sel hati yang rusak akibat hepatitis sekaligus sangat membantu dalam proses penyembuhan nya.


REgards,
TS.



Quote:
Originally Posted by AmiRudinSinyo View Post
br tw ane gan klo liver bs tumbuh lg...nah klo org sakit liver itu knp tuh gan?? ad yg bs jelasin ga?
Liver itu adalah hati gan!

Beberapa Penyakit Hati / liver antara Lain:

1. Penyakit hati karena infeksi
misalnya hepatitis virus) yaitu ditularkan melalui makanan & minuman yang tekontaminasi, suntikan, tato, tusukan jarum yang terkontaminasi, kegiatn seksual, dll.

2. Penyakit hati karena racun (misalnya karena alkohol atau obat tertentu)Alkohol bersifat toksik tehadap hati. Adanya penimbunan obat dalam hati (seperti acetaminophen) maupun gangguan pada metabolisme obat dapat menyebabkan penyakit hati.

3. Genetika atau keturunan (misalnya hemochromatosis)

4. Gangguan imun (misalnya hepatitis autoimun)
Penyakit autoimun merupakan penyakit yang ditimbulkan karena adanya perlawanan terhadap jaringan tubuh sendiri. Pada hepatitis autoimun umunya yang dilawan adalah sel-sel hati, sehingga terjadi peradangan yang kronis.

5. Kanker (misalnya Hepatocellular Carcinoma)
Kanker hati dapat disebabkan oleh senyawa karsinogenik diantaranya aflatoxin, polyvinyl chloride (bahan pembuat plastik),virus, dll.
Aplatoxin merupakan racun yang diproduksi oleh Aspergillus flavus dan dapat mengkontaminasi makanan selama penyim pangan, seperti kacang-kacangan, padi & singkong terutama pada daerah tropis. Hepatitis B dana C maupun sirosis hati dapat berkembang menjadi kanker hati.


Tips Bagi penderita penyakit hati / liver:

1. Diet seimbang
Jumlah kalori yang dibutuhkan sisesuaikan dengan tinggi badan, berat badan, dan aktivitas. pada keadaan tertentu diperlukan diet rendah kalori.
2. Banyak makan sayur dan buah serta melakukan aktivitas sesuai kemampuan untuk mencegah sembelit.
3. Menjalankan pola hidup yang teratur.
4. Konsultasi dengan dokter anda.


REgards,
TS.

Sumber dari http://kask.us/4412566 oleh Daniel Benny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post