Sabtu, 19 Juni 2010

Trik Ampuh Membersihkan Virus Sality


Sality bukanlah jenis virus baru. Program jahat ini sebenarnya telah bergentayangan cukup lama namun banyak diantara pengguna komputer yang tak menyadari jika Sality telah menginfeksi sistemnya. Sality menjangkiti komputer dengan cara mengijeksi file-file program. Tak ada tanda-tanda yang mencurigakan bila sebuah sistem telah terinfeksi olehnya, kecuali komputer terasa melambat dan jika anda ingin masuk pada mode aman ( safe mode ) akan selalu gagal karena sality telah menghalanginya.Menurut para ahli dan peneliti virus, sality tergolong virus yang berbahaya dan memiliki banyak jenis. Dua jenis sality yang di golongkan berbahaya adalah jenis polymorphic dan metamorphic. Telah banyak vendor antivirus mengeluarkan tool khusus dan removal virus untuk membersihkan virus ini, namun tak ada satupun yang tuntas mengatasi.
Ini adalah pengalaman pribadi dan mungkin ada diantara pembaca yang memiliki pengalaman lain dalam mengatasi sality. Baru-baru ini komputer kantor terjangkiti virus, apa lagi jika bukan sality. Puluhan komputer telah menjadi korban dan tinggallah saya pusing untuk membersihkannya. Beberapa jenis berhasil dibersihkan dengan McAfee dan tak menyebabkan kerusakan apapun. Untuk menggunakan McAfee ini, ada tak perlu menginstal pada komputer, cukup download virus definisinya ( sdatxxx.exe ) lalu meng-extract-nya sebab virus definisi McAfee telah disertai dengan enginer untuk melakukan pemindaian. Cukup jalankan scan.exe dengan beberapa parameter yang bisa anda gunakan.

Akhir-akhir ini sality datang lagi namun dengan jenis yang lain, McAfee tak berkutik, bukannya membersihkan tapi malah menghapus semua file sistem yang terinfeksi. Tak patah semangat saya mencoba virus removal buatan dalam negeri, PCMAV Express for Sality. Ampuh?... ya.. sality jenis poly berhasil dikuliti dan dimusnahkan.
Kini giliran Sality jenis metamorphic. McAfee dan PCMAV Express for Sality tak mempan lagi, malah antivirusnya turut serta terinfeksi. Ada yang menyarankan untuk menggunakan removal dari Kaspersky, Salitykiller namanya. Tapi saya takut menggunakan tool ini sebab ada yang bilang salitykiller berpotensi merusak file yang dibersihkan. Geram rasanya, hingga akhirnya saya gunakan antivirus buatan produsen Windows sendiri, Microsoft Security Essentials ( MSE ). Menurut saya, MSE-lah antivirus yang saat ini tuntas membersihkan sality.
Bagi anda yang merasa komputernya terserang sality, silahkan coba gunakan MSE, namun ada syaratnya, Windows anda harus berstatus genuine alias original. Jika anda menggunakan Windows copy-an jangan harap anda bisa menggunakannya bahkan menginstalnyapun anda belum tentu berhasil, kecuali bila anda bisa mengelabuhi MSE saat anda menjalankan installernya.... selamat mencoba... ^_^
link Boja Linuxer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post