Jumat, 18 Juni 2010

Persib Lebih Pilih TC di Bandung


Asisten pelatih Persib Bandung, Yusuf Bachtiar lebih memilih pelaksanaan training camp (TC/pemusatan latihan) di Bandung ketimbang harus di luar kota. Alasannya waktu pelaksanaan babak 8 Besar Piala Indonesia 2010 sudah sangat dekat. Seperti diketahui, babak 8 Besar Piala Indonesia akan dilaksanakan pada pertengahan Juli mendatang.

"Saat ini kita optimalkan dulu latihan di Kota Bandung karena persiapan Piala Indonesia sudah mepet. Tinggal beberapa minggu lagi kita harus sudah bertanding di babak 8 Besar. Jadi sebaiknya seluruh latihan dipusatkan di Bandung saja," kata Yusuf.

Sebelumnya, Manajer Persib, H. Umuh Muchtar sempat mengusulkan agar Persib melakukan pemusatan latihan di Pantai Pangandaran, Kab. Ciamis. Umuh berpandangan, selain bisa meningkatkan kualitas fisik, TC di Pangandaran bisa mengobati kejenuhan para pemain.

Menurut Yusuf, TC di luar kota seperti di Pantai Pangandaran Kab. Ciamis akan sangat menguntungkan jika ada jarak waktu panjang dengan pelaksanaan pertandingan, misalnya 3-4 bulan lagi.

"Karena persiapan menghadapi babak 8 Besar Piala Indonesia tergolong pendek, kita harus bisa mengelola persiapan dengan program latihan padat. Karena itu, saya usulkan lebih baik kita fokus saja pemusatan latihan di Bandung," katanya.

Selain persoalan waktu yang sudah mepet, Yusuf juga memastikan, ka TC di luar kota tidak akan efektif lantaran ada beberapa hari pertama yang terbuang untuk proses adaptasi, termasuk memulihkan kondisi akibat perjalanan. "Sayang bila waktu latihan nantinya bisa hilang satu atau dua hari karena kelelahan di jalan," ujarnya.

Uji coba

Dalam kesempatan itu, Yusuf juga meminta para pemainnya untuk tidak menjadikan pertandingan uji coba di Cirebon, 26 Juni mendatang sebagai sebuah beban. Menurut Yusuf, pertandingan uji coba ini hanya akan dijadikan sebagai alat untuk mengukur kesiapan tim.

"Fokus dalam pertandingan uji coba nanti adalah kerja sama tim dan mengembalikan feeling setelah lama tak bermain," katanya. (B.82)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post