Jumat, 18 Juni 2010

TONGKAT AJAIB BUAT PLAYSTATON 3

GAME Nintendo Wii dengan "tongkat ajaibnya" untuk memberi pengalaman game yang lebih nyata ternyata diakui para pesaingnya. Setelah Microsoft memperkenalkan Kinect sebagai sistem kendali gerak berbasis gerakan tubuh dan perintah suara untuk melengkapi XBox 360, giliran Sony memamerkan Move, "tongkat ajaib" buat PlayStation 3, dalam ajang pameran game terakbar di AS, E3, Selasa (15/6/2010) waktu setempat.Dengan Move, pengguna PS3 tidak perlu tuas ria atau joystick dengan tombol-tombol navigasi konvensional untuk bermain game. "Tongkat ajaib" itulah yang menjadi pengontrol sesuai gerakan tangan, apakah itu meninju, mengayun, atau gerakan alami lainnya. Gamer bakal dibawa seolah-olah larut dalam permainan tersebut.
Move akan tersedia terlebih dahulu di Eropa mulai 15 September 2010. Selanjutnya adalah AS, Jepang, dan negara lainnya. Move akan dijual sepaket dengan kamera PlayStation Eye yang dapat mengenali gerakan pengontrol tersebut dengan harga 99,99 dollar AS. Produk-produk ini juga dijual terpisah dengan harga 49,99 dollar AS masing-masing. Sony juga menyediakan pengontrol tambahan berbentuk pistol untuk bermain game tembak-tembakan dengan harga terpisah 29,99 dollar AS.

Jika Microsoft Kinect lebih ditujukan untuk memberikan pengalaman bermain game bagi orang awam, maka Move tidak demikian. Sony malah berangan-angan, perangkat tersebut bisa digunakan di semua genre game ke depan, dari yang sederhana sampai yang kompleks.

"Kami ingin memastikan agar Move mungkin untuk digunakan di semua jenis game pada masa mendatang," ujar Kaz Hirai, Head of Sony Computer Entertainment. Sejauh ini sudah ada 15 hingga 20 game yang bisa dimainkan dengan teknologi Move. Adapun 40 judul diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun ini.

Sony juga mendorong pengalaman bermain game yang lebih kaya dengan teknologi 3D. Saat ini sudah ada 20 game yang mendukung teknologi tiga dimensi untuk dimainkan di PlayStation 3. Sony juga akan meluncurkan televisi tiga dimensi akhir tahun ini.

source:tekno.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post