Jumat, 18 Juni 2010

Playoff Ternyata Bukan Prioritas


Terus tertundanya pengumuman playoff Indonesia Super League (ISL) bukan hanya menggangu kesiapan tim-tim yang berpotensi masuk babak tersebut. Di sisi lain, molornya kepastian tersebut juga menimbulkan banyak berita miring mengenai format kompetisi di ISL 2010/2011 mendatang.
Ada kabar bahwa PT Liga Indonesia (PT LI) sengaja menunda pengumuman tersebut untuk mempersiapkan mengenai format liga musim mendatang. Bukan untuk membelah liga menjadi dua wilayah, melainkan menambah jumlah kontestan ISL musim mendatang menjadi 20 klub.
Sebab, jika harus mengubah kompetisi menjadi dua wilayah, lisensi liga professional bakal dicabut AFC. Saat ini, jumlah tim yang bertarung di ISL adalah 18 klub. Hal tersebut dimaksudkan untuk memuluskan langkah sebuah klub guna bisa bertanding di ISL musim mendatang.
Namun, anggapan tersebut ditepis CEO PT LI Joko Driyono. Pria asal Ngawi, Jawa Timur (Jatim) tersebut memberikan garansi bahwa format kompetisi musim mendatang tidak akan berubah. Bukan hanya untuk jumlah wilayah, tetapi juga banyaknya tim yang akan bertanding di kompetisi paling elit di Indonesia tersebut.
“Jumlah timnya tidak akan mengalami perubahan, tetap 18 klub. Kompetisi juga hanya akan menggunakan format satu wilayah," ucap Joko kemarin (17/6).
Pria alumnus ITS Surabaya tersebut juga enggan dikatakan jika PT LI sengaja menunda pengumuman babak playoff itu. Meskipun, sebenarnya PT LI sudah ingkar janji dengan membatalkan memberikan kepastian setelah laga Perang Bintang di Malang 6 juni lalu. Mereka menyatakan sedang mencari waktu yang tepat untuk mengumumkannya.
“Kami bisa saja mengumumkannya sekarang juga. Tapi juga tidak ada yang melarang kami untuk mengumumkannya besok-besok. Saat ini playoff bukan menjadi prioritas," tambah pria berkaca mata tersebut.
Joko menambahkan, PT LI tetap akan berpegang pada pendirian awal. Yakni mengumumkannya setelah Piala Dunia 2010 berakhir. Beberapa waktu lalu Joko menyatakan bahwa polemic tersebut akan berakhir pada 15 juli mendatang alias empat hari setelah pesta bola sejagat itu berakhir. “Itu target yang kami berikan. Artinya Juli nanti semuanya akan terselesaikan," ucap Joko.
Sementara, Peersiram Raja Ampat sebagai satu-satunya tim yang sudah mendapat kepastian bakal bertarung di playoff memilih tetap focus menghadapi babak tersebut. Mereka akan bertarung habis-habisan untuk mengejar tiket ke ISL 2010/ 2011 mendatang.
“Meskipun lawan yang harus kami hadapi adalah tim Superliga, kami idak boleh takut. Peluang untuk menang tetap masih terbuka lebar," koar Raja Isa, pelatih Persiram. (ru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post