Sabtu, 19 Juni 2010

Adandu, Situs Penyedia Nonton Video Seperti YouTube Tapi Cita Rasa Indonesia

Selama ini situs-situs video asing mendominasi di Indonesia. Adandu yang diakses melalui URL www.adandu.com, mencoba untuk merebut pasar situs pengelolaan video dengan mengandalkan fitur-fitur khas yang mampu membedakannya dari website-website lainnya.

“Adandu serupa dengan Youtube, namun masih dalam skala lokal. Kami memilih video (dan rich-media) sebagai fokus untuk menyikapi meluasnya penggunaan broadband Internet di Indonesia” Gardenia Putri, salah satu pencetus Adandu.com dalam keterangannya, Rabu (16/6/2010).



Situs yang diklaim sebagai situs pengolahan video lokal pertama di Asia tenggara tersebut kini menyediakan sarana pembuatan dan editing video secara online dari website dengan menggunakan fitur video mashup atau mashup, tanpa perlu menggunakan aplikasi program editor video terpisah.

Gardenia menyatakan, video mashup merupakan sebuah cara untuk membuat berkas digital baru yang mengandung salah satu atau beberapa teks, gambar, suara, video atau animasi yang diambil dan digabung dari berbagai sumber untuk membuat turunan berkas baru dengan mudah dan dalam waktu singkat.

Fitur Mashup yang disediakan gratis bagi seluruh anggota Adandu memungkinkan seseorang menuangkan kreatifitas berbentuk karya audio-visual berupa gabungan suara, foto-foto dan video-video yang disusun serta diolah secara online melalui Internet.

Uniknya lagi, Adandu memiliki kemampuan untuk mengomentari sebuah video dengan video, menggunakan bantuan webcam. Jadi komentar yang biasanya ditulis, dapat ditukar dengan video di Adandu.com. Selain Itu, Adandu menawarkan video library pribadi, rich media viewer, sarana upload, sarana berbagi kepada pengguna dan kepada sosial bookmarking lainnya serta memudahkan untuk penggunaan editor video online yaitu mashup editor.

Melalui kerjasama dengan penyedia teknologi video online, Kaltura Inc. dan Acquia dan menggunakan jaringan penyebaran konten global (Content Delivery Network), Limelight Networks Inc, fitur mashup menjadikan Adandu sebagai website nasional pelopor teknologi video editing online terdepan di Indonesia.

Dengan ruang lingkup yang spesifik dan detail di bidang video, Adandu menjadikan dirinya sebagai pemimpin penyedia jasa video online di Indonesia, dengan fitur video mashup yang sangat mengagumkan dan menarik untuk dicoba.

Ditambah dengan adanya hubungan multi dimensi bagi setiap pengguna adandu yang memungkinkan untuk berinteraksi satu sama lain, bertukar pikiran, ide, bekerjasama, tidak hanya di dunia maya saja tetapi juga melalui pertemuan-pertemuan atau aktifitas bersama yang membuat komunitas di Adandu menjadi kokoh, kuat dan saling mendukung.

Adandu sendiri sebenarnya dicetuskan idenya pada tahun 2008. Lalu situs ini diluncurkan tanggal 18 November 2009 yang diprakarsai bersama oleh web designer muda, Edi Chin dan Stefen W. Wijaya, berdasarkan visi seorang wanita muda, Gardenia Putri. Pengelolaan komunitas dan situs Adandu ini ditangani oleh PT. Nuansa Aspirasi Bening, sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang jasa Internet di Jakarta, Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post